Apa itu FriendTech? Penjelasan Mendalam Aplikasi Media Sosial Web3 SocialFi

Friend.tech, aplikasi sosial terbaru untuk web3, sedang mencuri perhatian komunitas online. Diskusi tentang Friend.tech tersebar di Twitter (sekarang X), dengan pengguna berbondong-bondong mencari kode undangan untuk bergabung.

Dikenal sebagai pasar di mana pengguna dapat memperdagangkan popularitas, kesukaan, dan kekuatan jaringan dari para pembuat konten dan influencer, Friend.tech bertujuan untuk menjadi versi yang lebih baik dari DeSo (sosial terdesentralisasi) BitClout — jaringan sosial terbuka dan sumber terbuka. Panduan ini menjelajahi setiap aspek dari aplikasi sosial baru ini — mulai dari kasus penggunaan hingga registrasi dan potensi tanda bahaya. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu FriendTech?

Friend.tech adalah jaringan sosial terdesentralisasi di mana teman atau, lebih tepatnya, jaringan mereka menjadi Saham atau Kunci (Keys). Anda dapat berinvestasi dalam jaringan sosial teman Anda atau sekelompok pengguna lainnya untuk menggambarkan kredibilitas mereka dalam bentuk token. Aplikasi sosial terdesentralisasi ini berbeda dengan apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya. Di sini, setiap pengguna adalah seperti token sosial. Anda dapat membeli token sosial tersebut, menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, atau tetap menyimpannya saat token mengalami apresiasi seiring dengan kredibilitas pengguna.

Sementara itu, saham memberikan akses ke ruang obrolan khusus influencer yang terbatas, konten eksklusif, dan lainnya.

Pada tanggal 21 Agustus 2023, aplikasi ini telah mengumpulkan lebih dari 80.000 pengguna, dengan lebih dari 1 juta perdagangan senilai $50 juta.

Tim dibalik FriendTech

Diciptakan oleh pengguna Twitter oxRacerAlt dan Shrimppepe, Friend.tech berasal dari rumah bagi proyek-proyek lain yang sudah mapan, termasuk Stealcam. Meskipun merupakan aplikasi sosial klasik, ada banyak interpretasi tentang sifatnya, dengan beberapa menyebutnya sebagai pusat media sosial untuk tokoh-tokoh kripto dan yang lainnya menyebutnya sebagai tempat lahirnya generasi berikutnya dari token pembuat konten.

Secara sederhana, Friend.tech adalah platform yang ditujukan untuk monetisasi pembuat konten. Basis pengikut influencer atau pengguna Friend.tech membeli saham (kunci) untuk mendapatkan akses langsung dengan mereka.

Anda bisa menganggapnya sebagai harga dasar untuk masuk ke dalam grup, karena influencer hanya dapat berinteraksi melalui pesan grup, bahkan hingga pesan langsung dan permintaan. Jika Anda telah membeli saham dan bergabung dalam grup, Anda dapat menjual saham tersebut untuk keluar dari grup.

Cara yang lebih teknis untuk melihat Friend.tech adalah menganggapnya sebagai DApp — dibangun di atas Jaringan Base.

Tahukah Anda? Base Network adalah solusi layer-2 untuk ekosistem Coinbase. Dan meskipun ada banyak aplikasi yang dibangun di atas Base, termasuk Mute, Stargate, dan lainnya, Friend.tech mungkin adalah yang paling populer.

Untuk menegaskan kembali, Friend.tech masih berada dalam tahap beta hanya dengan undangan, dan kita masih menunggu peluncuran resmi. Hanya setelah itu kita bisa mendapatkan lebih banyak kejelasan mengenai fitur-fitur khususnya.

Bagaimana FriendTech Bekerja?

Konsep di balik Friend.tech cukup sederhana. Sebagai pengguna atau pengikut, Anda dapat membeli saham untuk bergabung dalam sebuah grup influencer tertentu.

Ini memberikan akses langsung kepada influencer dan mengizinkan akses ke obrolan grup pribadi. Uang yang Anda belanjakan mencakup biaya platform dan juga apa yang diterima oleh influencer atau pembuat konten. Jika Anda menginginkan detailnya, setiap transaksi pembelian-penjualan terkait saham menarik biaya sebesar 10% — separuhnya diberikan kepada orang yang Anda beli dari atau jual kepada, dan separuhnya lagi masuk ke kas Friend.tech.

Apa yang membuat FriendTech unik?

Selama beberapa bulan terakhir, telah ada banyak tawaran jaringan sosial terdesentralisasi yang disebut-sebut, termasuk Damus, Mastodon, dan lainnya. Namun, Friend.tech berbeda karena sebenarnya memungkinkan pengguna untuk menggambarkan kehadiran mereka dalam bentuk token.

Saat grup influencer berkembang, jumlah saham grup juga meningkat. Dalam hal ini, peningkatan jumlah saham tidak mengurangi harga bergabung atau harga saham yang dijual.

Sebaliknya, akumulasi saham meningkatkan harga dasar untuk bergabung dalam grup tersebut. Individu yang ingin meninggalkan grup dapat menjual saham mereka — metode likuidasi.

Karena Friend.tech masih dalam tahap awal, Anda dapat melihatnya sebagai cara untuk menggambarkan teman dalam bentuk token. Misalnya, Anda dapat membeli saham profil teman Anda, dengan akhirnya meningkatkan popularitas mereka. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembelian saham pertama terjadi pada harga dasar — nilai yang ditentukan oleh basis pengikut pada teman, keterlibatan yang diterima, dan juga pengaruh secara keseluruhan.

Sebagai seorang kreator, Anda menjual saham (kunci) dari akun Anda atau, lebih tepatnya, kehadiran sosial Anda. Jika keterlibatan Anda terus meningkat, harga saham Anda akan terus naik, dan sebaliknya. Oleh karena itu, Friend.tech bertujuan untuk menggabungkan manfaat sosial dari interaksi dengan manfaat finansial. Bagi para kreator, manfaat finansial termasuk insentif, dan bagi para pengikut, mengganti saham dengan harga lebih tinggi — asalkan popularitas kreator meningkat — adalah cara untuk mendapatkan manfaat finansial.

Pendekatan inovatif lain terhadap FriendTech

Seiring berjalannya waktu, saham yang terkait dengan seorang kreator atau profil tertentu mungkin akan dikenal sebagai token sosial. Dan mereka bahkan mungkin mengalami volatilitas jika banyak perdagangan mulai muncul di platform.

Berdasarkan pendekatan ini, beberapa analis telah mulai menyebut Friend.tech sebagai proyek SocialFi. Sifat beli-jual popularitas atau pengaruh sebagai token komunitas atau token kreator menambahkan unsur Fi atau Keuangan ke dalamnya. Pendekatan menarik lain yang mendukung ini adalah bagaimana harga saham kreator dihitung. Meskipun kita akan membahas ini secara mendalam, hubungannya tergantung pada saham yang relevan untuk sebuah grup tertentu.

Cara join FriendTech

Cara masuk ke Friend.http://friend.tech cukup sederhana. Pertama-tama, Anda perlu mengunjungi tautan “http://friend.tech” dari peramban Safari di ponsel Anda. Untuk itu bekerja, iOS Anda perlu diperbarui ke versi terbaru 16.4+.

Setelah tautan menjadi aktif, carilah tombol “bagikan” di bagian bawah layar dan ketuk pintasan “Tambahkan ke Layar Beranda”. Buka ikon tersebut di layar beranda dan masukkan kode undangan.

DM atau tanya @ariesyuangga di twitter untuk mendapatkan kode FT

Setelah Anda masuk, Anda perlu masuk menggunakan akun Google Anda dan menghubungkan profil Twitter (X). Setelah itu, Anda perlu deposit beberapa Ether (ETH) — minimal 0,01 ETH — dari BASE mainnet. Bisa dari Ethereum mainnet atau Arbitrum ke alamat dompet dasar yang akan ditampilkan. dengan menggunakan Orbiter.Finance. Penting untuk dicatat, alamat dompet dasar mungkin memerlukan waktu beberapa saat untuk mencerminkan ETH yang Anda kirimkan dari mainnet.

Catatan: Anda harus mengirimkan ETH ke alamat dompet network Base Anda dan bukan ke dompet Ethereum Mainnet. Dan untuk menarik dana, Anda akan memerlukan dompet pihak ketiga, dan Anda perlu Impor FriendTech akun Anda pada wallet tersebut. Dalam setiap kasus, Anda perlu membayar biaya gas.

Masih bingung? Ada pertanyaan? gabung diskusi di grup telegram yuk!

Metavulus – Grup Diskusi Kripto


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan komentar